MISTERI SUKU DAYAK KALIMANTAN DAN ILMU GAIB


Mandau selain menjadi bagian penting ritual adat masyarakat dahulu dan sekarang, misalnya sebelum orang memasuki bangunan, juga digunakan sebagai alat pembayaran hukum adat.

Mandau Kayaan-yang dalam bahasa Dayak Kayaan, disebut malaat-dari pangkal hingga ujung bilahnya dihiyasi dengan motif. Ada juga motif mata kalung, berupa dua titik sejajar dan berderet ditambah ukiran pada bagian bawah. Motif mubung bilah, yang yaitu kuburan raja-raja terdahulu, berupa motif mata joh yang ada karawitnya.


Ada beberapa tahapan dalam membuat mandau. Bilah besi ditempa di perapian, kesudian dikikir supaya halus. Kemudian, bilah besi dibor untuk membuat motif dan karawit.


Yang sangat khas dari mandau Dayak Kayaan, bagian kiri bilah mandau bentuknya pipih dan bagian tengah ada jalur cekungan atau ilam. Fungsi mandau lebih cepat tajam diasah dan memakainya lebih enak. Oleh karena itu menggunakan mandau Kayaan lebih banyak ke kiri. Bila memotong kekanan, bila tidak hati-hati, mandau bisa melintir.

Tidak ada ritual yang kusus dalam membuat mandau. Yang menjadi ukuran adalah pemakaian pertamanya. Misalnya, pada saat pertama kali dipakai, ketika naik perahu tiba-tiba karam, artinya mandau yang dipakai itu tidak cocok sehingga sebaiknya ditukar dengan milik orang lain atau ditempa lagi.


Mandau ada beberapa kelas, yaitu malaat layah,mata joh, mubung bilah, usung betung, luli''lat doh, dan luli''lat lake. Malaat layah merupakan mandau yang paling murah karena tidak mempunyai motif dan ukiran. Mandau ini biasanya hanya untuk bekerja.

Nilai mandau bisa ditukar dengan gong, misalnya empat mandau malaat layah nilainya setara dengan satu gong berukuran lima kilan. Bila jari kelingking dan ibu jari direntangkan, itulah ukuran satu kilan.

Itulah salah satu keunikan dari suku Dayak yang sangat religius.

Ilmu Hitam Khas Suku Dayak

1. Tinju Sembilan Pintu.. Pukulanmu jadi kuat.. sekali pukul bisa mati..

2. Ajian Berat Bumi.. Badanmu di buat berat dan akhirnya tulangmu gak bisa menahan Beban tubuhmu, tulangmu patah semua dan akhirnya mati.

3. Panah Terong.. sejenis santet seperti di jawa, kita mengirimnya di malam hari, bagi siapa yang kena.. badan kita menjadi ungu seperti terong, dalam jangka 3 hari pasti mati jika tidak cepat di obati.

4. Panah Lombok.. Sejenis santet juga.. jika terkena badan kita akan merah dan kita merasa kepedasan.. kita akan haus terus tetapi selalu kepedasan.. tubuhmu akan lama kelamaan menjadi lemas dan dalam jangka waktu paling lama 1 minggu pasti mati.

5. Bulu Perindu.. sejenis barang gaib.. di pakai untuk menaklukkan lawan jenis yang kita inginkan... jika ada yang jual... pasti PALSU!!! karena di tidak bisa diperdagangkan.. ini di ambil dari dunia gaib.

6. Minyak bintang.. minyak gaib yang di pakai untuk menyembuhkan patah tulang.. dalam seminggu pasti tulang akan tersambung.. separah apapun patahnya..

7. Kalung Babi.. barang gaib yang di ambil bila kita bertarung melawan siluman babi yang tinggal di pedalaman hutan kalimantan. berguna bagi para preman karena kita akan kebal bacok, peluru dan ancaman benda tajam apapun. tapi efek sampingnya kita akan terkena panu tanpa bisa di sembuhkan.

8. Mandau Siluman.. ini dia baru paling macho.. bisa mencari musuh di manapun berada.. dengan target memutuskan kepala musuh.

9. Balsem Jahat.. Balsem yang di taro di benda yang sering di gunakan oleh target kita.. dalam kurang dari 4 hari pasti mati dengan diagnosa serangan jantung..

[Diambil dari berbagai sumber melalui google.com]

Arsip Blog